Lets Search!

Loading...

Facebook Connect


Sukses NIDJI Melahirkan NIDJI-HATERS [part 1]

Kutipan: Rileks.com

DI RANAH musik tanah air, nama NIDJI termasuk band yang digolongkan 'rising-star' lantaran melejit dan langsung menapak ke deretan band-band papan atas di Indonesia. Tak cuma itu, warna musiknya –meski sempat dianggap enjiplak-- akhirya malah menjadi salah satu trend yang diperhitungkan. Giring (vokal), Rama (gitar), Ariel (guitar), Adrie (drum), Andro (bass) dan Run-D (keyboard) aksi panggugnya juga kerap ditiru oleb band-band lain. Rambut kribo Giring malah mengembalikan trend rambut jadul itu.

Sedikit tentang NIDJI. adalah grup musik yang berkomposisi enam orang asal Jakarta yang terdiri dari Giring (vokal), Rama dan Ariel (guitar), Adrie (drum), Andro (bass) dan Run-D (keyboard). Nidji merupakan penyempurnaan nama dari kata NIJI yang diambil dari bahasa Jepang yang berarti pelangi. Para personil telah menyukai dan menyetujui konsep dengan nama itu, karena kata Nidji sangat merefleksikan warna musik mereka yang beragam serta berbeda satu sama lain, namun bias membiaskannya dalam satu warna musik. Konsep musik Nidji adalah modern rock yang memadukan unsur-unsur lain, seperti progresif, funk, alternatif, dan pop.

Grup-grup band yang secara tidak langsung mempengaruhi dan menjadi inspirasi terhadap corak musik Nidji, antara lain L'Arc-en-ciel, Coldplay, Goo Goo Dolls, U2, Radiohead, Smashing Pumpkins, The Verve, Dave Matthews, The Killers, Keane, dan sebagainya. Album pertama Nidji adalah Breakthru'. Album kedua Nidji adalah Breakthru' (English Version). Album ketiganya berjudul Top Up yang telah dirilis pada bulan November 2007.
Sejarah awal terbentuknya band Nidji yaitu dari persahabatan antara Rama dan Andro. Persahabatan mereka berkembang terus dalam dunia musik. Selanjutnya bersama Ariel yang telah bergabung dengan mereka, terciptalah sebuah lagu berjudul "Maria". Namun lagu itu belumlah sempurna dan masih membutuhkan sebuah vokal. Kemudian mereka bertemu dengan Giring yang selanjutnya dapat melengkapi lagu "Maria" dengan mengisi vokal pada lagu tersebut.

Setelah itu, Andro merekomendasikan Adri yang sebelumnya telah sering melakukan jam session bersamanya untuk menempati posisi sebagai drummer. Mereka berempat (Ariel, Andro, Adri dan Giring) lalu menghubungi Rama yang sempat terpisah sebelum terciptanya lagu "Maria" untuk mencoba bermain musik bersama hingga akhirnya menemukan kecocokan visi dan misi. Pada awal Februari tahun 2002, terbentuklah Nidji dalam formasi awal. Lalu pada awal April tahun 2005, Nidji menambah personilnya sehingga berjumlah enam, yaitu seorang keyboardist bernama Randy yang merupakan sahabat dari Giring, sang vokalis. Gaya 'memetik jambu' Giring saat menyanyi membuat Nidji menjadi band yang unik dan atraktif.

Perjuangan mereka memang tidak mudah. Sempat memilih aliran-aliran musik yang berbeda-beda, akhirnya mereka sepakat mengiarkan NIDJI. “Yang paling susah adalah menyatukan visi. Seperti disebutkan diatas, kami memiliki selera musik yang berbeda satu sama lainnya. Lebih dari 3 tahun kami melakukan trial and eror. Tidak gampang lho menyatukan visi tersebut. Belum lagi kesempatan manggung juga sangat jarang. Tapi syukurlah, semua bisa dilalui, sampai akhirnya kami menyelesaikan album kami,” aku Giring kepada RILEKS.COM beberapa waktu lalu.

NIDJI sempat dituding hanya meniru band-band besar juga. “Musik kami memang mendapatkan masukan dari berbagai jenis musik seperti pop, alternative sampai brits musik. Tapi bukan berarti kami menjiplak musik orang. Kami membuat musik secara jujur, maksudnya ide itu memang muncul dari diri kita sendiri. Kalau jenis musik yang kami mainkan, bisa disebut pop alternative, tapi sebenarnya yang lebih bisa menilai jenis musik kami adalah para pendengar kami,” tambah Andro nimbrung.

Album barunya, TOP UP masih berkutat soal cinta. Malah kabarnya, punya sisi eosioal yang lebih dalam karena banyak yang dirangkum dari pengalaman pribadi personilnya. “Lagu-lagu yang kami buat justru dari pengalaman yang pernah kita alami, misalnya cinta ditolak, cinta dengan perbedaan agama atau banyak hal yang kita alami. Bisa berawal dari curhat dari salah seorang diantara kita, terus malah muncul ide membuat lagu. Karena dari pengalaman pribadi, kayaknya membuat lagu bisa mengalir begitu saja. Membuat lagu bisa dikatakan susah-susah gampang sih. Kalau kriteria sebuah lagu yang baik sebenarnya cukup relatif. Tapi alangkah baiknya kalau kita bisa membuat lagu yang jujur dari perasaan kita sendiri, dan sedapat mungkin lagu ini bisa dinikmati.” [bersambung/joko.moernantyp]

2 comments:

ch1ka said...

top banget dehh u nidji....bravo

Joddie said...

Nidji ? kereeen.. aku suka lagu-lagunya.. dalem banget, katahuan kalo buatnya pake ati.. nggak cuman 'otak' ataw 'ambisi' aja.. salut..