Lets Search!

Loading...

Facebook Connect


Nidji Membidik Asia Pasifik


Nidji bakal berlaga di sejumlah festival musik internasional di beberapa negara Asia Pasifik.

Setahun silam, Giring 'Nidji' sempat menyampaikan rencana besar grup-nya yang ingin menembus Asia Pasifik. Rencana besar itu tampaknya baru bisa diwujudkan pada pertengahan tahun ini. Nidji telah mengantongi tiket untuk tampil di sejumlah festival di beberapa negara Asia Pasifik. ''Rencana besar kita tahun ini sebenarnya banyak. Tapi yang paling pasti di depan kita saat ini adalah mengikuti festival internasional,'' kata Giring, vokalis Nidji, Selasa (20/1).

Giring yang baru saja menunaikan ibadah haji juga mengungkapkan sejumlah negara yang bakal disambanginya dalam rangkaian festival musik. Di antaranya, Singapura, Malaysia, Hong Kong, Filipina, serta beberapa negara lainnya di kawasan Asia Pasifik. Rangkaian festival internasional itu, kata Giring, dimulai saat memasuki musim panas atau mulai Juni mendatang. Nidji hadir di sana berkat usaha sendiri maupun undangan yang dikirimkan pihak penyelenggara festival. ''Ini adalah rencana kami yang sudah lama. Kesempatan ini tentu tidak akan kami sia-siakan,'' ujar penyanyi bernama lengkap Giring Ganesha ini.

Nidji yang dihuni oleh Giring (vokal), Andri (drum), Ariel (gitar), Run-D (kibor), Rama (gitar), dan Andro (bas), sebenarnya sudah sejak 2006 membidik pasar industri musik Asia Pasifik. Saat itu, mereka merilis ulang album debut mereka, Breakthru, dalam versi Bahasa Inggris. Nidji memproyeksikan penjualan albumnya ke lima negara, yakni Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, dan Korea Selatan.

Dalam mengatur siasat penjualan album, pihak Musica Studios -- perusahaan rekaman yang mendistribusikan album Nidji -- terlebih dahulu melakukan 'serangan fajar' ke Thailand, Filipina, Korea Selatan, dan Singapura. Sedangkan peluncuran album versi Inggris ini baru secara resmi dilakukan di dua negara yakni Indonesia dan Malaysia.

Lagu berbahasa Inggris
Soal persiapan untuk menapak Asia Pasifik, Giring bersama rekan-rekannya lebih banyak melakukan sejumlah eksplorasi musikal. Namun seperti apa detail eksplorasi yang tengah digarap Giring dan kawan-kawan, Giring belum bersedia mengungkapkan. Yang pasti untuk lagu-lagu yang akan dibawakan, kata Giring, sebagian besar sudah dialihbahasakan ke dalam Bahasa Inggris. ''Yang pasti kita akan memakai lagu-lagu yang berbahasa Inggris, tetapi segala kemungkinan lainnya sudah kita persiapkan juga

Nah, soal album baru bagaimana? Giring mengaku sudah sempat membicarakan hal itu. ''Tetapi seperti apa bentuknya kita masih belum mau terlalu membicarakannya dulu. Yang pasti (album baru) itu juga menjadi salah satu big plankita tahun ini,'' kata dia. Pada awal tahun ini, Nidji baru saja merilis single terbaru yang berjudul Shadow. Single ini dijadikan soundtrack untuk serial Heroes di musim ketiga. Serial yang tayang di saluran televisi berlangganan ini merupakan salah satu serial yang paling banyak ditonton di kawasan Asia.

Video klip yang digarap oleh sutradara Sim F, salah satu sutradara video klip dan iklan terbaik Indonesia, menampilkan Fahrani dan Nicholas Saputra. Pamor Fahrani ini kian meroket setidaknya setelah dia dinobatkan sebagai aktris terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2008. Sedangkan para personel Nidji dalam video klip ini digambarkan sebagai pahlawan berkekuatan super.

republika


No comments: