Lets Search!

Loading...

Facebook Connect


06.06.84 - 06.06.08: M. Ramadhista Akbar


Hari ini 06 Juni, Rama (Dede) gitaris NIDJI genap berusia 24 tahun, mengaku hobi musik dan traveling dan menjadi jubirnya NIDJI, Rama mengidolakan artis Iwan Fals dan Bono. Rama termasuk rajin megirim informasi dan foto-foto saat tour panjang AML Rising Stars kemarin. Berikut kutipan profil Rama yang termuat di Majalah HAI:

Muhammad Ramadhista Akbar. Itu nama lengkap cowok yang lahir di Jakarta 6 Juni 1984 ini.
Untuk urusan ngeband, dibanding personil Nidji lainnya, anak kedua pasangan Ismail Akbar dan Gartati Ismail ini tergolong early starter. Sejak kelas 6 SD, cowok berkacamata ini udah mulai ngejajal serunya tampil di muka umum.Tapi jangan dikira saat memulai, Rama udah ngebeset gitar seperti sekarang ini. Saat itu dia masih jadi vokalis. Dengan suara yang belum pecah, waktu itu udah cukup banyak lagu yang dilengkingkannya. Mulai dari Bermimpi-nya Base Jam sampe Janji-nya Gigi.

Nggak puas hanya nyanyi, Rama mulai nyoba merambah jadi pemain instrumen. Tetep, bukan gitar yang langsung jadi pilihannya. Melainkan beduk inggris alias drum. Toh, instrumen gedumbrangan itu nggak bikin hatinya happy.

Adalah salah satu temennya yang akhirnya berbaik hati minjemin gitarnya ke Rama. Hatinya kontan kepincut berat. "This is my weapon of choice!" gitu pikirnya saat itu.

Lupa Diri
Gitar pertamanya adalah gitar akustik Prince seharga 60.000 perak. Dengan gitar itu, Rama mulai berlatih kayak orang kesetanan. Enam sampe tujuh jam sehari dihabiskannya mengurung diri di kamar buat ngulik.

Keseriusan Rama, bikin hati bokapnya tergerak. Satu hari dia diajak ke Wijaya Musik di bilangan Kebayoran Baru, dan.... das! Sebuah gitar elektrik pun mereka bawa pulang. Nothing serious sih, cuma Prince seharga 200 ribu perak. Namun lebih dari cukup buat memacu semangat Rama buat makin menggeluti dunia pergitaran.

Semua lagu mulai dikuliknya hingga khatam. Terutama lagu-lagunya Greenday dan Nirvana, dua band yang sempet jadi influens utamanya dalam bermusik. Pokoknya kalo udah megang gitar kesayangannya itu, hal-hal lan yang terjadi di dunia ini seakan nggak ada artinya lagi buat Rama. Termasuk hobi lain semisal olahraga. Serius abis!

Kalo denger kisah affair Rama dengan gitar dan musik yang begitu menggebu-gebu, kita mungkin nggak akan percaya, bahwa dia sebenernya tumbuh di keluarga yang biasa-biasa aja. Dalam pengertian, nggak gila-gila amat sama musik.

Masa kecil Rama terbilang biasa. Standar anak cowok yang suka banget sama mainan action figure kayak Voltus dan Saint Seiya. Dan kayak kita juga, dia kerap kudu merengek dulu untuk dibeliin mainan itu. Salah satu yang paling sering jadi "korban" rengekan Rama adalah, almarhum eyangnya. Maklum, beliau tuh gampang banget tersentuh sama rengekan Rama kecil.

Balik lagi ke urusan musik. Bermodal pengalaman di SD, saat masuk SMP Labschool Rawamangun, Rama langsung diajakin ngeband bareng kakak kelasnya. Bandnya sendiri ngebawain musik yang kala itu lagi nge-hype banget, ska!

Seiring sama menurunnya popularitas ska di negeri ini, Eskalator mulai nggak jelas. Rama mutusin cabut dari situ dan langsung gabung sama band bentukan temen sekolahnya yang lain. Namanya Ying & Yang. Salah satu temennya itu adalah Ias, yang sekarang jadi keyboardis Ecoutez!. Band rock and roll bertahan cukup lama. Sekitar tiga tahun, lalu bubar.

Saat itulah Rama ketemu sama Andro, yang lagi nyari gitaris untuk bandnya bareng Ariel. Sempet ikutan nge-jam dan gabung beberapa saat, Rama nggak langsung "on" sama Andro dan Ariel. Gara-garanya saat itu formasi mereka belum komplet. Dan di saat yang sama kebetulan Rama udah komit untuk jadi pemain cabutan buat band lain. Nggak cuma satu, melainkan tiga sekaligus. Edan!

Tapi jodoh nggak bakalan lari ke mana. Kelar berpetualang dengan ketiga band itu, Rama dapet telepon dari Ariel dan Andro. Mereka ngajakin gabung lagi. Dan saat itu mereka nggak genjrengan bertiga. Udah ada Giring dan Adri dalam formasi.

Salah satu hal yang mungkin mampu mengalihkan perhatian Rama terhadap band-band-an adalah obsesinya untuk jadi penyiar. Obsesi itu udah dipendamnya saat masih SMP. Pemicunya adalah program Prambors Wow Mania di Radio Prambors yang dulu digawangi sama duet gokil, Irfan dan Angga.Maka, pas tau kalo ada lowongan untuk jadi penyiar di MTV Sky, nggak pake pikir panjang, Rama langsung ngirimin lamarannya. Lucky him! Dari sekian banyak orang yang melamar dialah yang terpilih untuk mengisi lowongan tersebut. Padahal modalnya saat itu cuma nekat.

Jadi penyiar udah pasti membawa pengaruh besar dalam kepribadian seorang Rama. Bukan dalam artian negatif, lho. Sebaliknya pengalaman berbicara kepada orang banyak itu membuatnya nggak kagok lagi. Terutama saat harus berhadapan sama wartawan yang pengen mewawancaranya dalam konteks Nidji. Makanya, Rama kerap didaulat jadi juru bicara oleh anak-anak Nidji. Pokoknya saban ada acara yang mengharuskan personil Nidji ngomong, udah pasti Rama yang dimajuin duluan

Selain itu, modal jadi penyiar itu juga bikin Rama pede di atas panggung. Harus berhadapan dengan penonton sebanyak apa pun, dia nggak jeri lagi. Nggak jarang dia ikut nenangin temen-temennya yang nervous berat.

Dan berhubung udah pernah berurusan sama yang namanya fans semasa jadi penyiar, pengalaman dapet penggemar bersama Nidji pun nggak terlalu bikin dia kaget. Santai aja Rama nanggepin kegokilan fans-fansnya.

10 comments:

raffa said...

met ultah ya om rama.... moga tambah sukses.....

ANISA said...

meT uLtaH y kaKa deDe,,,,,,,


seMoga taMbah segaLa"nya,,,,,,


aMieN


n_n

sayz said...

Happy B.day ka Rama...

hope your all dreams come true

and stay close with God

maaf ya telat...

daLoe said...

Met ulTah yaa rAma...
moga tmBah sukses sama niDji nya!!
aku ngfanssss bgD ama RaMa....

uus said...

rama met ultah yg ke-24...moga az kk mkn sukses brsm nidji...

uus said...

met ultah y kak rama...

Anonymous said...

happy birthday ka rama.

sori telat.

sukses terus nidji -nya!oia,,pake poni selau ya kak! model rambut kakak yang pake poni keren banget loh! :)

lisaaa said...

hapiie bezdey buat kak Rama,..
wish u all da besT yagh..
sukses buad NIDJI nyah..
gaia potongan rambut kak Rama sekarang, TOP BGT!!!
saiah jadi semakin suka,..
hehehe..! =)

lisaaa said...

hapiie bezdey buat kak Rama,..
wish u all da besT yagh..
sukses buad NIDJI nyah..
gaia potongan rambut kak Rama sekarang, TOP BGT!!!
saiah jadi semakin suka,..
hehehe..! =)

daloe said...

haLLo kk rAma...

aku tu nGfanss abZZ ama kk,,

kpn mggung di mataram lg??? wktu di maTaram, kk RaMa keReeNNzz bgD..
jng kaPok" iaa ke maTaram,,
hehehe


mga tmbh sukses iiaa...